Muslimah Zone. Silahkan Kunjungi

Rabu, 17 Juni 2009

senapan angin cipacing

Senapan Angin Cipacing

Kota kecil yang terkenal dengan kesenian tradisional “kuda renggong” dan makanan khasnya “tahu” itu tak lain adalah Kota Sumedang. Sekitar 40 km arah selatan Kota Sumedang ada satu Kecamatan yang terdiri dari beberapa Desa yaitu Cipacing, Cileles, Sayang, Cikeruh, Cilampi, Hegarmanah, Jatiroke dan Jatimukti, semua Desa tersebut termasuk kedalam wilayah Kecamatan Jatinangor. Kecamatan ini sudah terkenal luas akan kerajinan tangannya, mulai dari kesenian memahat, mengukuir dan membuat senapan angin. kerajinan tangan masyarakat Cipacing telah terkanal hingga mancanegara, termasuk membuat senapan angin. industri senapan angin di Cipacing telah berlangsung satu abad silam, tepatnya tahun 1854 oleh Raden Nata Dimadja. Raden Nata Dimadja adalah orang yang pertama kali merintis usaha membuat senapan angin di Cipacing. Sedangkan di Dunia senapan angin dikembangkan ketika perang kemerdekaan Amerika Serikat melawan Inggris.

Senapan angin adalah jenis senapan yang menggunakan sistem pneumatik atau tekanan udara. Ada tiga jenis senapan angin yaitu senapan angin tipe gas, pompa dan tipe per. Di sepanjang jalan raya Cileunyi-Rancaekek sekurangnya ada 20 toko yang menjual senapan angin buatan Cipacing, harga yang ditawarkan pun berpariasi, mulai dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 8.000.000 untuk senapan angin tipe gas, sedangkan untuk tipe pompa dan per berkisar Rp. 300.000 hingga Rp.1.500.000. Tak hanya di pajangkan untuk dijual saja, biasanya pesanan datang dari beberapa Kota besar seperti Maluku, Irian Jaya, Aceh, Sumater dan Kalimantan. Namun kerusuhan dan berbagai konflik membuat turunnya pesanan dengan sangat drastis.

Pembuatan Senapan Angin Cipacing.

Pemotongan Laras

Pemotongan Laras

Bahan untuk laras menggunakan pipa besi supaya laras nantinya tidak mudah melengkung dan patah, dengan diameter 12 mm sampai dengan 15 mm. Bahan di potong sepanjang 50 cm sampai dengan 60 cm atau sesuai dengan jenis senapan angin yang di inginkan. laras selanjutnya disambungkan dengan BOK peluru kemudian digabungkan dengan tabung dengan cara di patri (lem bakar untuk besi).

Panjang tabung antara 50 cm sampai dengan 60 cm dengan diameter 25 mm sampai dengan 30 mm.
Setelah pipa tabung di potong dengan panjang tertentu barulah tabung di kikir dan di amplas supaya tabung mengkilat dan tidak kusam. Ada dua jenis bahan yang digunakan untuk tabung, yaitu jenis Kuningan dan Besi. Jenis Kuningan biasanya digunakan untuk senapan angin tipe pompa, sedangkan besi untuk jenis gas. Elemen-elemen yang terdapat di dalam tabung yaitu pentil depan, pentil belakang, per, pemukul angin dan klep.
Prinsip kerja tabung yaitu : angin atau gas masuk melalui pentil depan dan di tahan oleh pentil belakang, pemukul angin me
Mengikir Lubang Pada Tabung
nekan per dan mendorong memukul pentil belakang, angin atau gas yang tersimpan keluar melalui pentil belakang mendorong peluru yang di simpan dalam laras melalui selang angin. Prinsip kerja tabung ini dikendalikan oleh pemicu atau pelatuk.
Pipa tabung dilubangi untuk dudukan stang pompa untuk senapan angin pompa, kemudian lubang tersebut dikikir dan di amplas supaya halus. lubang pada tabung ini memanjang sekitar 15 cm. lubang ini untuk menghirup angin pada saat stang pompa ditarik atau di pompa. untuk melubangi pipa tabung ini dikerjakan pada mesin pris atau skrap.
Membuat tutup tabung dikerjakan pada mesin bubut. panjang tutup
tabung antara 4 cm sampai dengan 5 cm dengan diameter 25 mm sampai dengan 30 mm. bahan untuk tutup tabung menggunakan besi supaya kuat. untuk memasangkan tutup tabung pada tabung yaitu dengan cara di pukul menggunakan pemukul dari kayu.
Membuat Tutup Tabung

Membuat Tutup Tabung

setelah tutup tabung masuk kemudian di bor pada mesin bor untuk memasang baud sehingga tutup tabung tidak akan lepas.
Proses Memblonir, yaitu proses penghitaman pada pipa besi. proses ini biasanya dikerjakan untuk jenis senapan angin tipe gas. Setelah pipa besi siap untuk di blonir atau dihitamkan, langkah pertama yaitu pipa besi dicuci terlebih dahulu oleh diterjen hingga bersih, setelah itu pipa dimasukan ke dalam larutan blonir dan di didihkan, setelah pipa besi menghitam pipa besi dicuci kembali hingga bersih supaya cairan blonir hilang, kemudian di jemur hingga kering. setelah mengering pipa-pipa tersebut kemudian di gosok menggunakan pelumas atau oli supaya mengkilat dan tidak mudah berkarat.
Menggosok Pipa Besi

Menggosok Pipa Besi

Pembuatan Pohpor.
Pohpor terbuat dari kayu. Ada tiga jenis kayu yang biasa di olah menjadi pohpor, yaitu jenis kayu Mahoni, kayu Sonokeling dan kayu Jati. ketiga jenis kayu tersebut memiliki kualitas yang sama, yaitu tidak mudah regas atau patah dan mudah dalam memprosesnya, yang membedakannya yaitu salur atau motip yang dimiliki oleh karakter kayu tersebut, pada kayu mahoni tidak memiliki salur atau motif, pada kayu memiliki salur atau motif yang beraturan sedengkan pada kayu sonokeling motif atau salurnya tidak beraturan.
proses pembuatan pohpor yairu mulai dari kayu gelondongan dibuat papan dengan tebal sekitar 5 cm, kemudian di pola sesuai dengan bentuk jenis senapan. Setelah pola di dapat kemudian di potong sesuai pola dengan menggunakan gergaji angklung, lalu pada pembentukan menggunakan golok, sugu tangan dan pisau raut, dan untuk menghaluskannya kemudian di amplas hingga benar-benar halus, lalu di plitur dan di jemur hingga kering.
Pembuatan Pohpor

Pembuatan Pohpor

Memasang Pemicu.
Pemicu adalah alat untuk melepaskan tembakan, angin atau gas yang tersimpan dalam tabung dikendalikan oleh pemicu, apabila pemicu ditekan atau ditarik maka angin atau gas akan keluar mendorong peluru yang telah tersimpan pada laras. prinsip kerja pemicu yaitu pada saat menarik kokangan ke belakang atau memasangkan peluru secara otomatis per yang tersimpan pada tabung akan menekan kebelakang, pada saat pemicu ditekan atau ditarik per akan mendorong pemukul angin dan memukul pentil belakang.
pemicu dikerjakan pada mesin skrap atau pris sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan dengan proses akhir
Memasang Pemicu

dihaluskan pada mesin grinda. bentuk pemicu pada umumnya melengkung tapi ada juga yang dibentuklurus.

Setelah proses perakitan selesai, kemudian senapan angin di pasangkan pada pohpor. pada pohpor terdapat satu atau dua lubang untuk memasangkan senapan dengan cara di baud.
Suasana kerja di bengkel senapan angin Refline Air Rifle yang bertempat di Dusun Nangkod Rt 02 Rw 09 Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

2 komentar:

  1. wah... hand made.. sama buatan pabrik kira² bagusan mana ya.. ? kaya merk canon ma benjamin gitu ?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus